HomeSupportAbout UsContact UsOur ClientAWARDSearch

Sales Support
PC24Cyber

Menu

Prinsip transmisi
Asosiasi Internasional
Deskripsi Umum
Keuntungan Jaringan
Internet resource
Klasifikasi Jaringan
Kerugian Jaringan
Media-media Network
Menghubungkan semua
Spesifikasi teknis
Server
Network Security
Warnet
Internet Cafe
Load Balancing
F.A.Q
ISO Documentation
List of Index
Konsep uPNP

 

Articles Catalogue Support

Current Category
Spesifikasi teknis > Terminasi UTP


Twisted pair

Tiga jenis kabel yang akan ditemukan dalam lingkungan LAN adalah twisted pair, fiber optic dan coaxial. Masing-masing relative memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu anda ketahui, baik itu pada ujian maupun kehidupan nyata.

Nama twisted pair berasal dari fakta bahwa ia terdiri dari kabel tembaga yang dililit berpasangan. Tujuan pelilitan tersebut adalah utnuk mengurangi kelemahan mereka terhadap noise elektris, baik itu yang berasal dari dalam kabel (pair to pair coupling atau crosstalk) dan dari luar kabel (interferensi elektromagnetik) “EMI” dan interferensi frequensi radio “RFI”).

Pengkabelan Unshielded Twisted Pair menggunakan sebuah modul Registered Jack (RJ) yang disebut RJ-45. Trick  yang perlu dipahami adalah untuk memastikan bahwa, kita menghubungkan warna yang tepat pada pin RJ-45 yang tepat pula. Terdapat beberapa konsensus yang mengatur urutan pemasangan kabel, yaitu : 568A, 568B atau 258A. Semuanya merupakan konsensus yang menjelaskan, kabel mana harus pergi ke pin yang mana. Hal pertama yang harus diketahui bahwa 8 kabel diartikan sebagai 4 buah pairs. Dan tidak perduli standard mana yang akan dipakai, setiap pair selalu berwarna dasar yang sama. Standar yang dipakai untuk kawasan asia adalah EIA/TIA 568 B, memiliki susunan kabel sebagai berikut :


straight-utp


cross-over-utp


 

Articles Catalogue Support

2009 PC24.CO.ID - Design by TSM.